Selasa, 12 Juli 2011

KATA-KATA PARA PEMIMPIN KATA

Oleh : Margita Widiyatmaka

yang membuat birunya telinga dan putihnya hati singa
adalah para pemimpin kata
mereka bilang : "Tatap mega atap matahari!"; semua mendongak ke
atas sepanjang hari
mereka bilang : "Kembali membumi!"; semua menyembah-nyembah ke
tanah, tanda berserah diri

tak ada yang tak cinta pada  kata-kata mereka, bahkan laut yang
bergemuruh pun mendengar kesaksian demi kesaksian
            "Aku bersaksi bahwa tak ada kata yang patut disembah sela-
             in kata para pemimpin kata;
             aku  bersaksi bahwa tak ada kata yang patut dilebihkan se-
             lain kata 'partisipasi';
             aku bersaksi bahwa tak ada kata yang patut dibanggakan
             selain kata 'mantan';
             aku bersaksi  bahwa tak ada kata yang patut diperintahkan
             selain kata 'awas'
             aku bersaksi bahwa tak ada kata yang patut ditanamkan
             selain kata 'mandiri'
             dan aku bersaksi bahwa masih ada beribu-ribu  kata dalam
             kamus para pemimpin kata yang patut dikedepankan!"

setiap kata kesaksian bermuara ke laut pembangunan
dan semua merugi, kecuali konsisten dan konsekuen dengan  kata-
kunci

Yogyakarta, Oktober 1988.        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar