Selasa, 20 September 2011

LEGENDA GUA PINDUL, BANYUMOTO, DAN GELATIK

Oleh : Margita Widiyatmaka

Ini legenda gua alami
tentang bayi  titipan Panembahan Senopati
yang diungsikan Ki Juru Martani dan Surontani   
dari istana puri menuju tanah Beji lewat Wonosari

Ini  legenda gua alami
tentang bayi yang karena dosa ayahnya
ia harus disucikan  di 7 (tujuh) sumber mata air
di seputar Gelaran   
digelar di atas tikar, dosa dan kesalahan ayahnya telah dibakar
sedang dosa dan kesalahan sendiri tertimbang dan tertakar
jasadnya raib entah ke mana, wallahualam
tinggal tikar tersisa terkubur larut ke dalam akar-akar pepohonan nangka
penggal tingkah kasar serta memaksa, bersyukur atas limpahan karunia-Nya
hanyut ke bawah alam sadar, penuh ikhtiar dan doa kepada Sang Pencipta  

Ini legenda gua alami
tentang bayi titipan Panembahan Senopati
yang pipinya memar-lebam "kebendul" (terantuk) dinding gua
sehingga guanya dinamakan Gua Pindul
karena ia menangis terus, air matanya mengalir jadi mata air Banyumoto
dan istananya tersembunyi di Gua Gelatik 'tuk istirah ketika jiwa-raga pegel,
lelah dan tak mampu berkutik
segalanya enak dipandang dan asyik
pahatan alam dari Yang Maha Unggul jadi panorama indah Gunungkidul


Gelaran, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, 20 Februari 2011


  Sekretariat : Dewa Bejo (Desa Wisata Bejiharjo), tempat mangkal 
  para Pemandu Cave Tubing







                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar